Senin, 15 Oktober 2012

Hau Nian Doben, Timor Lorosae

Akhirnya selama 14 tahun meninggalkan kampung halaman, gw akhirnya pergi juga ke Timor Leste, di mana gw lahir. Gw pindah ke Indonesia waktu umur 4 tahun, so gw udah gak inget apa-apa kecuali cuaca yang panas. Gw pun berangkat bersama nyokap gw karena kebetulan nyokap juga pengen nyelesain administrasi rumah. Bokap 'n kedua ade gw gak ikut soalnya udah masuk kerja 'n sekolah.

Perjalanan dari Indonesia ke Timor kira" 4 jam dengan transit di Bali. Kebetulan gw duduk deket jendela jadi gw bisa lihat-lihat pemandangan. Waktu perjalanan ke Timor, gw bisa lihat perubahan pulau yang tadinya berwarna hijau menjadi warna coklat. Timor Leste kayaknya negara yang panas banget nih. Detik-detik gw turun dari pesawat juga bikin gw deg"an. Yah, mungkin karena pertama kali. Hahahah. Waktu gw turun, gw bisa ngerasain panas dan teriknya matahari. Bujud! Panas bener. Cuman lo bisa ngerasain angin di situ, beda sama Tangerang. Hedeh...

Hal mengagetkan pertama kali ketika gw udah berada di mobil bersama Om Leo, Om Ze dan Tante Dulce adalah jarak dar airport ke rumah Om Leo yang sangat dekat. Dan herannya lagi bukan karena rumahnya yg deket, tp emang ke mana" deket. Buset dah..hahahaha. Sampai di rumah Om Leo, gw bertemu dengan semua anaknya. Ada Uga, Jenny, Riri sama Aze.

Uga, Riri dan Jenny

Tapi ternyata gak hanya ada mereka aja yang ada di dalam rumah Om Leo. Masih ada Tante Paya, Om Denis, Valde, Telu dan Julio. Lebih ga nyangka lagi gw lebih tua daripada mereka-mereka. Hmmm... Selama kira" sminggu di sana banyak banget pengalaman yang gw dapet. Hari pertama karena udah capek akhirnya gw istirahat dan lo tau perbedaan waktu di Timor sama Tangerang tuh beda 2 jam. Jadi, gw berasa banget 2 jam gw di Timor rasanya ilang begitu aja. Abis cepet banget coba...hahahaha. Keesokan harinya gw inget banget sarapan roti Timor, bedeh rotinya beda banget tapi enak. Apalagi kalo masih dari pabrik, ampun deh gak cukup satu!! Ada juga sasoro atau bubur yang beda banget sama Indonesia punya. Gw pun mulai melirik-lirik kota kelahiran gw itu. Di sebelah rumah Om Leo persis adalah rumah gw waktu itu tinggal.

Rumah Gw

Hari yang panas juga menemani gw jalan-jalan di sekitar rumah. Tapi, walaupun panas, ada anginnya juga coy! Semriwing gimana gitu...hahahah. Soalnya Timor tuh deket banget sama gunung dan gunungnya kliatan jelas banget dari kota Dili. Enaknya rumah Om Leo sangat dekat dengan pasar dan juga mall. Bedanya di Timor hanya ada satu mall namanya Timor Plaza. Jujur sih kalo menurut gw isinya jauh dengan Indonesia. Jelas Indonesia lebih berkembang daripada Timor Leste. Selain itu yang bikin gw keki di sana harganya mahal gila coy pake dolar soalna. Hahahaha. Kalo buat biaya hidup tetep enakkan di Indonesia sih. Tapi yang bikin gw terkesima di sana adalah pantainya. Hedeh... Pantai di Timor Leste berasa lo ke pulau mana gitu. Mantep banget! Rasanya fresh banget dan lo pasti betah deh di situ!

Itu baru namanya pantai! GILA! Jauh banget sama Carita ama Anyer...Well, kira-kira begitulah. Rasanya udah lama gak liburan ke pantai, mulai lagi jadi anak kecil yang ngumpulin kerang, maen air ampe puas. Gw masih inget banget rasanya nginjakkin kaki di pasir yang hangat itu...(malah jadi puitis) Lo bisa lihat rumput laut 'n friends di dalam pantai. Apalagi anginnya, hedeh...sepoi-sepoi. Udah gitu, gw masih inget waktu ke pantai, ada yang buat party di pantai. Ini pertama kali gw lihat ada public party. Hahahaha. Setelah dari pantai akhirnya kita kembali ke rumah naik taksi. Taksi di sana beda banget sama taksi yang ada di Indo. Selain mahalnya biaya taksi, well...taksinya sendiri pun gak terurus sepertinya. Tapi enaknya dia gak pake tarif argo kayak di Indo.Di sepanjang pantai lo juga bisa lihat" orang-orang pada ngumpul sembari bakar-bakar ikan juga. Mantap...

Yang bikin gw kaget lagi, ternyata di sana banyak banget orang Cina, Filipina, Indonesia. Orang-orang inilah yang berjualan di sana. Gw sempet jalan" ke toko" buat belanja keperluan acara baptis Uga. Gw juga inget sempet mampir ke pabrik roti dan di sana kita bisa beli roti yang fresh from the oven. Rasanya gimana gitu. Momen yang paling gw gak bisa lupain adalah ketika gw pergi plaza. Saat mau masuk supermarket-nya entah kenapa gw gak merasa asing dengan lagunya. Suaranya waktu itu kecil banget, hampir nyaris gak kedengeran. Gw pun akhirnya coba pasang kuping. And guess what? Lagu yang diputer adalah lagu "I Like You The Best" punya BEAST!!!! Gw langsung shock! Gw ampe mikir lagi gw lagi gak di salah tempat. Ternyata ke mana pun aku pergi, BEAST memang selalu menyertai. Hahahaha...

Akhirnya, baptisan Uga pun berlangsung di gereja Motael, gereja tempat gw dulu juga dibaptis dan juga tempay bokap 'n nyokap gw nikah. Selesai pembaptisan, tadinya ada rencana mau pergi ke Christo Rei. Apa itu? Christo Rei adalah sebuah patung Yesus yang berukuran besar. Selain di Timor Leste, ada juga di Portugal dan Brazil. Tapi, karena hari udah malem, yah akhirnya gak jadi. Esok harinya pun ada pesta dan gw diharuskan berdansa padahal gw gak bisa. Udah gitu gw baru pertama kali liat orang mabuk di pesta buat Uga itu. Lucu juga ternyata. Hahaha...

Gw juga sempet ke Liquica, tempat di mana Tante Ana punya restoran. Kita pun diundang buat lihat. Sepanjang perjalanan, yang bisa lo lihat adalah pantai dengan laut yang berwarna biru. Anginnya mantap banget dan di sana juga ada tempat pembuatan garam. Sesampainya di tempat Tante Ana, gw pun terpakau dengan restorannya yang sangat dekat dengan pantai.

Kita pun makan di sana. Tante Ana jual pizza sama suaminya. Pizza-nya juga lumayan untuk disantap. Di hari terakhir, saat-saat gw udah mau balik ke Indonesia. Gw mulai foto-foto orang-orang yang belum sempet gw foto.

Om Denis

Valde, Uga, Julio
Telu, Uga, Julio
Aze
Momen" gw udah mau naik pesawat jadi agak sedih juga. Om Leo dan Tante Dulce udah baik banget mau kasih kita tempat buat nginep. Gw inget banget waktu gw di duduk di samping jendela, gw mulai mikir kembali momen" gw main sama Uga, main Black Jack bareng Valde, Riri, Telu sama Jenny dengan hukuman dipoles bedak kalo kalah. Duduk" di bawah pohon rindang di depan rumah Om Leo, main bareng Eiten, anjingnya Om Leo. Well, I'll be back for sure....soon.