Jumat, 22 Februari 2013

Kampung Betawi Uhuyy!!

Untuk ujian akhir mata kuliah komunikasi antar budaya gw, gw dapet tugas buat pergi ke suatu komunitas budaya. Gw pun akhirnya memilih kampung betawi. Gw pergi bareng bokap 'n nyokap gw, nggak lupa ditemani dua temen gw yg heboh, Krisma dan Cinthya. Kita semua berangkat dari jam enam pagi biar gak macet. Gw pergi ke daerah kampung Betawi Setu Babakan di daerah Depok. Dalem perjalanan pastinya jadi banyak ngobrol. soalnya gw, Cinthya, sama Krisma udah temenan dari SMA bahkan kalo buat Krisma gw udah temenan dari TK. Ditambah lagi, kita semua gak ada yg sekelas di mata kuliah apapun, udah deh, kayak reuni.

Well, akhirnya kita semua pun sampai dan mulai rekam" yang ada di depan mata. Jujur menurut gw, kampung Betawinya keren banget. Emang Kampung Setu Babakan udah dijadiin sebagai tempat wisata juga. Pergi ke sana rasanya kayak balik lagi ke masa kecil. Banyak jajanan yg ada waktu gw kecil, belum mainannya. Tapi, yg paling gak bakal gw lewatin ketika sampai di sana adalah....SOTO BETAWI! Apalagi gw udah lama juga gak makan soto Betawi. Beh...udah kudu wajib hukumnya buat makan. Yah, tapi pastinya kita cari bahan dulu buat tugas. Kita bertiga sempet masuk ke tempat acara pementasan. Kalau di pagi hari hanya ada latihan pencak silat. Gw pun mulai keliling-keliling sambil terkesima gara" ngeliat arsitektur bangunan Betawi. Di siang hari ada pertunjukan Lenong tapi, sayangya gw gak sempet nonton. Kita bertiga mulai bingung siapa yang harus diwawancara soalnya humasnya belum dateng. Akhirnya kita mulai wawancara warga sekitar ternyata dari orang yg kita wawancara ada yang jadi mantan pengurus kampung Betawi. Ciah..kadang keberuntungan gak pernah ada yg tahu. Gw juga dapet pin dari komunitas Onthel Setu Babakan. Ada gambar ondel-ondel di pin itu. Saat itu cerah, jadi asik buat jalan-jalan.

Kita bertiga akhirnya mulai jalan-jalan sampai akhirnya satu insiden terjadi. Sendal ceper Cinthya putus. Bisa dibayangkan teman gw yg satu ini langsung panik gak karuan. Gw pun akhirnya menjadi korban buat nemenin dia nyari warung yang jual sendal. Awalnya, kami berdua bahkan mencoba meminta sendal bekas dari pemilik-pemilik rumah dan yang ternyata gak ada. Untungnya deket rumah-rumah Betawi, ada kios yang menjual sendal. Gw cuman bisa ketawa ketika pilihan sendalnya warna oren dan warna hijau ngejreng. Cinthya pribdai juga mungkin bingung dengan pilihannya. Akhirnya, dia milih yang berwarna hijau.

Setelah itu, kita bertiga pun wawancara Bu Irma, humas dari Kampung Betawi. Pertanyaan yang kita tanyakan berhubungan dengan komunikasi suku Betawi. Secara verbal, pastinya orang Jakarta udah gak asing lagi dengan kata-kata gue, lo, balikkin, dan lain-lain. Ternyata akhiran -in itu berasal dari bahasa Beatwi lho! Percaya atau nggak juga, bahasa Betawi populer banget di kalangan anak muda dari daerah mana aja. Banyak orang yang merasa menggunakan bahasa Betawi adalah bahasa gaul karena Jakarta sendiri adalah ibukota negara. Malah sampai ada riset yang bilang bahasa Betawi kemungkinan bisa menjadi bahasa "sekunder" Indonesia. Mantap gak tuh!

Setelah selesai wawancara, kita juga sempet menyaksikan latihan pencak silat dan latihan tari tradisional. Gw sangat merekomendasikan banget ke kalian yang suka jalan-jalan untuk mengunjungi Kampung Betawi yang satu ini. Perut yang lapar buat gw langsung ingin menyambar soto Betawi yang sudah gw idamkan. Akhirnya, gw, Krisma dan ortu gw makan soto Betawi. Cinthya cobain kerak telor dan yang ternyata juga enak kok. Sepanjang jalan kalian bisa lihat banyak jajanan Betawi. Roti buaya yang menjadi simbol dalam pernikahan Betawi juga bisa kalian temukan.

Gw sempet nanya sama tukang soto Betawi yang gw lupa namanya (Maaf ya, Pak). Dia berasal dari Bogor dan selama dia jualan di daerah itu, tidak pernah ada masalah dengan orang-orang Betawi. Mereka saling menghargai satu sama lain. Tentu aja hal kayak gini harus bisa dicontoh banyak orang. Well, kalau misal kalian jalan-jalan, sempetin yah ke Kampung yang satu ini :D

Tidak ada komentar: