Jumat, 22 Februari 2013

Tugas Foto Jurnalistik

Hmmm, kalo dipikir-pikir sekarang tugas foto jurnalistik gw sebenernya malah memberi nilai plus buat gw. Awalnya gw dapet tugas ke Senayan buat wawancara atlit. Rasanya udah bete aja denger dosen gw bilang kalo Senayan cuman ramai di hari Sabtu sama Minggu doang. BAYANGKAN!! Gw dikasih tahu hari Jumat, besoknya gw tugas gereja. The only choice cuman hari Minggu. Akhirnya, nasib gw yang blom bisa bawa mobil ini hanya bisa berharap jawaban iya dari ortu gw agar gw bisa dianter ampe Senayan. Bokap 'n nyokap gw setuju karena sekalian liat pameran. Tiba" ada kabar menggagetkan, karena bokap gw ketua RT alhasil dia harus rapat buat acara pilkada. Oh no...Bokap gw janji bakal tetep anterin gw apapun yang terjadi. Kalo diinget lagi jadi terharu, itukah rasa cinta seorang ayah terhadap anaknya? Hiks...

Jam 1 siang akhirnya gw berangkat dan jalanan juga sepi untungnya. Sampai di Senayan jujur gw bingung mulai dari mana. Bokap gw akhirnya parkir di deket lapangan bola buat pemain Timnas. Gw mulai cari" siapa yang bakal bisa gw wawancara. Well, lo gak bisa berharap bakal ada Bambang Pamungkas nangkring atau untuk olahraga lain kayak Taufik Hidayat. Jadi, jelas gw nanya aja siapa yang ada di sana. Akhirnya, gw wawancara salah satu pelatih Bintang Muda Senayan, namanya Pak Eki. Bodohnya gw, udah wawancara baru inget gak dicatet atau direkam. Saat gw minta foto, eh malah narsis pelatihnya. "Mau saya duduk, berdiri atau main bola?" Biar hasil foto gw bagus yah main bola aja lah pak..hahaha. Setelah selesai, gw langsung catet apa aja yg tadi diomongin. Fiuhh..Satu selesai.

Pelatih Bintang Muda Senayan, Eki sedang men-juggling bola di Senayan, Minggu (25/11/2012).

Setelah dapet foto itu, akhirnya malah bokap 'n nyokap udah gak sabar buat liatin pameran. Akhirnya, gw pun pulang. Pas hari Senin, gw denger kalo si Eldo dapet foto sama Jokowi. WHAT?! JOKOWI?! Gw udah stress aja. Hiks... Eldo sama Niken punya rencana buat liat demo Kamisan, gw juga denger dari Gemmy kalo bakal ada sidang Angelina Sondakh hari Kamis. Gw pun yang kepo akhirnya pergi hari Kamis ke Tipikor.

Gw berangkat bareng ayahanda dan ternyata gw melihat kenyataan setiap hari ayah gw harus melawan kemacetan yg uju buneng parah di Jakarta. Gila banget, mau ke arah Tomang aja kalo gak punya jiwa santai bisa capek di jalan. Gw akhirnya ke arah Kuningan. Dalam perjalanan, Boni panggilan akrab om gw mulai nanya.

"Lo ngapain sih ke Tipikor?"
"Buat tugas lah, Bon"
"Mang siapa yg diadilin?" Masih kepo.
"Angelina Sondakh" Jawab gw singkat.
Boni mulai diem. "Lo boong yah?"
"Yeh, gak percaya." Boni masih aja gak percaya dengan apa yg gw bilang sampai akhirnya kita berdua udah bisa lihat gedung KPK dari jauh. Gw teriak saking senengnya kayak apaan aja.

Boni mulai liat sekeliling.
"Kok banyak polisi yah? Eh! Ada Metro Tv!" Katanya sambil nunjuk. Gw cuman diem aja. "Eh, ada Tv One!!" Mukanya bahagia banget kayak gak percaya gitu. Astaga, Bon...Huh...

Sampai di tipikor karena masih satu jalur dari KPK, gw langsung liat Rhima di lobi. Mukanya panik dan ternyata Angelina Sondakh baru aja naik lift setelah gw masuk. Gw pun langsung shock 'n langsung keluarin kamera. Ternyata pas sampai atas banyak banget coy wartawan! Hedeh... Gw juga liat Gemmy, dua Intan dan Sekar. Gw juga liat sosok cewek rambut lurus dan berkulit putih serta diserbu oleh para wartawan. Yap! Itu dia Angelina Sondakh. Gw pun langsung ikut"an buat foto.



Rasanya agak gak percaya juga sih bisa foto kayak gini..hahahah. Udah gtu, momen paling klimaks menurut gw adalah ketika gw dan Dita ke WC. WC tipikor bisa dibilang miris dan ironis. Jangan lampu remang" di kamar mandinya, tapi bener" gelap gulita. Tapi, namanya panggilan alam, Dita pun akhirnya harus nungguin gw di depan. Dita" gw denger Dita manggil gw.

"Zer..zer.."
"Knapa sih?"
"Lo dari tadi denger gw panggil u gak?"
"Gak, mang knapa?"
"Ntu, Angelina Sondakh ada di belakang gw"

Ternyata Mba Angie nungguin gw keluar dari WC, gw pun senyum ke dy, 'n dy bales senyum. Gw tetep stay cool, walaupun sebenernya dalem hati ada parade. Gw juga merasakan betapa kerasnya hidup wartawan untuk cari berita. Pas momen Nazaruddin dateng, sumpah...dy diserbu abis"an, dan gw...udah kayak ikan sarden kebawa arus. Yah, ampun.

Saat pengadilan di mulai, gue mulai tau cara kerja wartawan dengan cara menempelkan alat perekam di sound speaker buat pernyataan si narasumber. Ternyata begitu cara mereka bekerja. Gw inget banget Gemi bahkan sempet berantem sama salah satu wartawan tentang masalah posisi Gemi yang oke banget buat foto. Gak hanya sampe di situ aja, ge juga sempet mengabadikan sebuah demo dan akhirnya pulang bareng-bareng naik bis.

Walaupun capek banget, tapi ada pengalaman lebih yang gak mungkin semua orang punya. Well, memang udah seharusnya ada yang bisa gw ambil dari jurusan yang gw ambil sekarang.










Tidak ada komentar: