Kamis, 09 Mei 2013

Yudha Brama Jaya (Tugas Profil Perjalanan)



“Unit 65 dipanaskan! Unit 65!”, ujar laki-laki berkulit sawo matang itu.
“Unit 65, Pak?” Tanya saya kebingungan.
“Iya, 65 itu kode untuk kebakaran. Kalau 66 untuk banjir.”
“Setelah itu disebutkan alamat lokasi kejadian dan ada bunyi sirene panjang. Nguuuunngggg...,” tambahnya memperagakan bunyi sirene jika ada pelaporan kebakaran oleh masyarakat. Laki-laki itu adalah Boediono. Kepala Seksi Kecamatan Cakung ini sudah 15 tahun bekerja di Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, Kota Administrasi Jakarta Timur.
Jalan Matraman Raya tidak begitu macet siang itu. Pukul sebelas siang di hari Selasa, memungkinkan masyarakat Jakarta sedang melangsungkan akrivitas bekerjanya. Lewat kaca mobil di sebelah kiri saya, mobil-mobil besar yang dominan berwarna merah itu, diparkir rapi walaupun ada beberapa motor para pemadam kebakaran berada di depan mobil-mobil tersebut. Kantor Pemadam Kebakaran di wilayah Jakarta Timur ini sebenarnya terletak di samping sekat-sekat tempat mobil pemadam kebakaran diparkir. Hanya ada dua warna yang menghiasi tembok-tembok sepanjang gedung itu. Warna merah dan biru. “Semua kantor pemadam kebakaran pasti menggunakan warna yang sama,” jelas Boediono sambil meminum kopi hitamnya.


Warna merah melambangkan keberanian atau semangat yang membara, sedangkan biru melambangkan kesetiaan. Dua warna ini juga terlihat pada logo Asosiasi Pemadam Kebakaran Indonesia yang bisa ditemukan ketika Anda berada di area tempat parkir mobil pemadam kebakaran, yang terletak di dekat tiang bendera atau di setiap pintu mobil pemadam kebakaran jenis apapun. Lima kelopak Bunga Wijaya, dua tangkai 19 lidah api, air, selang, kampak, helm menjadi sebuah kesatuan logo dengan dibawahnya persis tertulis, “YUDHA BRAMA JAYA”, yang berarti kemenangan dan keberhasilan dalam perang melawan kebakaran.
Untuk pemadam kebakaran sendiri sebenarnya sudah dibentuk pada tahun 1873 pada zaman Hindia Belanda. Peraturan tentang kebakaran sendiri atau yang dikenal dalam bahasa Belanda, Reglement of de Brandweer sudah dikeluarkan pada tanggal 25 Januari 1915. Inilah mengapa pada zaman dahulu, biasanya pemadam kebakaran dipanggil dengan sebutan Brandweer. Selain itu, tanggal 1 Maret 1929 juga menjadi momen penting. Tanda penghargaan dalam bentuk prasasti diserahkan kepada Brandweer Batavia karena sudah menjalankan tugasnya sebagai pemadam kebakaran. Prasasti ini sampai sekarang tersimpan di kantor Dinas Pemadam Kebakaran, Ketapang, Jakarta Pusat. Barulah pada tahun 1969, nama Dinas Pemadam Kebakaran dipakai.
Untuk kantor utama di Jakarta Timur ini tidak terlihat seperti kantor-kantor pada umumnya. Dua lemari pendek yang terbuat dari kayu masing-masing satu di sebelah kiri pintu dan di sebelah kanan pintu. Berkas-berkas dokumen berada di atas lemari kayu di sebelah kiri, sedangkan helm berwarna hitam ditaruh di atas lemari sebelah kanan. Poster film “Si Jago Merah” yang salah satunya dibintangi oleh Ringgo Agus Rahman, terpampang di tembok berwarna putih tersebut. Dua komputer masing-masing berwarna hitam dan putih juga sudah tidak digunakan. Hanya meja hitam dan sebuah asbak menjadi “teman” bagi para petugas untuk bercerita satu sama lain,berbagai pengalaman mereka.
“Waktu kebakaran di Bursa Efek Jakarta, saya ikut menangani,” kata Boediono. Sampai di sana, banyak orang di luar,” lanjutnya lagi. Bom yang terjadi pada tanggal 13 September 2000 itu menewaskan 15 orang, sepuluh di antaranya karena kesulitan bernapas. “Saya sempat takut juga karena penyebab kebakaran adalah bom,” kata laki-laki lulusan Intitut Pertanian Bogor ini. “Bisa saja ada bahan kimia yang berbahaya,” tambah laki-laki yang orang tuanya  juga seorang pemadam kebakaran.
“Saya juga pernah menyelamatkan seseorang yang terjatuh di sumur.” Di dalam sumur bisa saja tidak adanya oksigen, sehingga masyarakat dihimbau untuk tidak langsung menyelamatkan korban. “Terkadang ada saja orang yang mau menyelamatkan, eh..malah jadi nambah korbannya,” tuturnya.
Pekerjaan seorang pemadam kebakaran sebenarnya tidak hanya memadamkan kebakaran. Ikut menanggulangi bencana seperti banjir juga menjadi salah satu tugas mereka. Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur pernah menyediakan perahu karet waktu adanya banjir di Jakarta pada tahun 2010. Tidak hanya masalah banjir saja, tetapi semua yang sifatnya mendesak seperti pohon tumbang, seseorang yang terjepit atau bahkan menyelamatkan para hewan peliharaan. “Waktu itu ada kucing gubernur tersangkut di pohon, yah kita yang selamatkan,” kata Boediono sambil tertawa.
Namun tetap saja masalah utama yang sering dihadapi para pemadam kebakaran adalah kebakaran itu sendiri. Seperti dilansir Kompas.com, kebakaran yang terjadi di Jakarta pada tahun 2012 mencapai 1.008 kejadian dengan Jakarta Timur lebih “unggul” dibanding yang lain sebanyak 285 kali kejadian. Penyebab utama terbesar adalah korsleting listrik. Hal ini dibenarkan oleh Boediono. “Ini semua karena standar keselamatan pada sebuah bangunan tingkat tinggi tidak diketahui pemilik atau gara-gara masalah kecil.” Terkadang bahan-bahan yang ada di gedung tersebut mudah terbakar atau masalah seperti penggunaan tusuk kontak secara bertumpuk. “Biasanya kita panggil pemilik perusahaan jika tidak sesuai standar,” tambah laki-laki kelahiran Jakarta tersebut.
Bagi seorang pemadam kebakaran, mobil pemadam kebakaran adalah “sahabat sejatinya”. Setiap mobil memiliki jenis yang berbeda-beda. Saya pun berjalan-jalan ke area parkir untuk melihat lebih dekat. Ada mobil yang hanya berisi air saja, foam saja, kipas angin untuk menghilangkan asap atau alat pemadamnya saja. Setiap mobil memiliki kode sendiri yang ditulis di pintu setiap mobil, seperti T 01-02 atau T 09-01 dengan warna kuning.
Di mobil kode T 01-02, ada empat saluran yang bisa dipasang dengan selang, selain itu adanya pegangan untuk mengatur seberapa besar air yang keluar. T 01-02 dapat menampung 4000 liter air. Di sekat paling kanan, terdapat mobil dengan kode 563, tidak ada perbedaan warna dengan mobil sebelumnya, namun tangga berwarna putih yang bisa mencapai 24 meter itu berada di atasnya. Lain lagi dengan kode 508, bagian mobil ini dilengkapi dengan kotak besar yang berisikan pasokan air tambahan.
Saya pun berjalan ke belakang melewati kantor utama. Di sebelah kanan persis pintu kantor utama, ada sebuah majalah dinding yang ditempel kertas berwarna-warni berisikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan para petugas seperti lomba-lomba dan ajakan untuk olahraga bersama. Dua orang petugas dengan seragam berwarna biru sedang menikmati acara televisi dan lainnya sedang bermain catur. Di area belakang, mobil-mobil pemadam kebakaran lainnya sedang dicuci, Ada juga yang menikmati makan siangnya di warung-warung kecil di depan gedung. Sekitar 450 orang bekerja menjadi pemadam kebakaran untuk wilayah Jakarta Timur dan mereka tahu bahwa menjadi pemadam kebakaran bukanlah hal mudah.
“Pemadam kebakaran itu kerja sosial dan taruhannya nyawa,” ujar Boediono. Boediono tahu bekerja menjadi pemadam kebakaran bukanlah pekerjaan yang bisa memberikan penghasilan tinggi. “Gaji saya tidak seberapa dengan pekerjaannya. Kakak saya pernah di sini, tapi dia keluar. Tidak tahan,” kata laki-laki yang memiliki dua orang anak ini.
 Belum lagi masalah, masyarakat yang terkadang selalu merasa tidak puas karena keterlambatan pemadam kebakaran. Di Jakarta yang sudah terkenal dengan kemacetannya tentu saja bukanlah hal mudah untuk mencapai lokasi kebakaran dengan cepat. “Kami selalu mencoba untuk datang lebih cepat. Target kami sepuluh sampai lima belas menit dalam perjalanan.” Wilayah Jakarta Timur menyediakan 24 pos untuk mempermudah para petugas datang ke lokasi lebih cepat.
Selain itu, seorang petugas pemadam kebakaran bekerja selama 24 jam dan mendapatkan hari kosong selama dua hari setelah bertugas. “Sempat capek, tapi itu kan pekerjaan kita,” kata Boediono. “Kadang baru mau mandi, eh ada kebakaran lagi,” tambahnya. Namun, mereka mengemban tugas ini dengan serius. Bagi mereka kebakaran adalah hal yang sangat berbahaya sehingga dibutuhkan konsentrasi yang tinggi.
Tinnnn! Tinnn! Suara klakson mobil terdengar di jalan raya, namun tidak ada suara “nguunnnnggg” dari sirene seperti yang diperagakan Boediono. Para petugas bersantai, menikmati hiburannya masing-masing, tetapi siapa yang tahu. Jam selanjutnya, menit selanjutnya atau detik selanjutnya, mereka semua akan mengenakan helm putih dan jaket oranye, bersama dengan “sahabat sejati” mereka, sang mobil pemadam kebakaran, melaksanakan makna dari warna cat tembok yang bukan sekedar warna, mempertaruhkan nyawa untuk melayani masyarakat karena sebuah kode “65”.
Zerica Estefania Surya/11140110026/C

Tidak ada komentar: